Jumat, 14 Desember 2012

KIBLATNYA SHOLAT

Kiblatnya Jasmani adalah Ka'bah
Kiblatnya Hati (Niat) adalah kepada Amrullah (Perintah)
Kiblatnya Rohani adalah kepada Ruchul Akbar.

Apabila mengerjakan Sholat dengan sungguh-sungguh - dengan keinsyafan yang mendalam - dengan kesadaran yang penuh - dengan pengertian yang mendasar, baik sholat wajib maupun sholat sunnah, maka ingatannya akan selalu ingat kepada Allah dan adanya kekuasaanNya - dan akan selalu ingat kepada perintahNya - dan akan selalu ingat kepada laranganNya - dan akan selalu ingat kepada nikmatNya - dan akan selalu ingat kepada balakNya - dan akan selalu ingat kepada takdirNya.

Itulah yang namanya dzikir yang berisi dan bersih, dengan ingatan yang bersih itulah yang akan mengisi hidup ini ialah hidup yang benar-benar hidup adalah hidup yang telah terisi oleh nilai-nilai hidup didalam taqwallah.

Ketika mengerjakan sholat, yang pertama adalah berdiri dengan mengucapkan takbir, akan ruku' mengucapkan takbir, akan sujud mengucapkan takbir, akan duduk mengucakan takbir "Allahu akbar" akan tetapi apanya yang besar ?

Allah Maha Besar adalah besar kekuasaanNya, besar rahmatNya, besar nikmatNya, Besar ampunanNya, besar ilmuNya, besar kalamNya dll.

Itu semua adalah suatu pernyataan didalam Sholat
1. Berdiri didalam sholat adalah melambangkan adanya kekuasaanNya
2. Ruku' melambangkan adanya perintah Allah untuk ditaati
3. Sujud melambangkan adanya nikmat untuk disyukuri
4. Duduk tuma'ninah melambangkan adanya cobaan untuk disabari
5. Duduk attahiyat melambangkan adanya taqdir Allah untuk diridhoi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar